Sabtu, 04 April 2020

Belajar Menulis: Mencari Ide dalam Menulis

Belajar Menulis: Mencari ide dalam menulis
Bersama Bapak Agus Sampurno


Pengalaman luar biasa dari Bapak Agus Sampuno (2015-saat ini) Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach Jakarta. (2018) Master Trainer Sertifikasi BNSP. (2015-2013) menjadi Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat. (2013-2000)  menjadi guru dan Koordinator guru di Global Jaya International School Jakarta.
(2009) Blog Pendidikan terbaik Detik.com (2010) Microsoft Indonesia Innovative Educators.  (2011) Guru Era Baru oleh Acer Indonesia. (2012)  The BOBs (Best of the Blogs)  Deutsche Welle Germany (2014) Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). (2014- 2016). Pengkaji Naskah Pustekkom Jakarta (2014-2017) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  juri dan pelatih lomba inovasi pembelajaran TK-SMA.

Kegiatan belajar menulis kali ini dimulai dengan buka diskusi mengenai bagaimana mencari ide dalam menulis. 

Bapak Agus Sampurno meminta peserta belajar menulis untuk membaca artikel di https://www.kompasiana.com/indracharismiadji7513/5e789433097f365d9b0ab072/panduan-awal-mendesain-pembelajaran-dalam-jaringan-daring yang merupakan bagian pembelajaran belajar menulis dalam mencari ide dalam menulis.

Pak Agus menyampaikan bagaimana ide sebuah tulisan bisa muncul, sesuai dengan nama grupnya membahas bagaimana kemampuan menulis bisa ditumbuhkan. Dari artikel yang di baca pada link di atas, Pak Agus meminta diberikan kata kunci yang menurut bapak ibu penting. Kata kunci yang disebutkan peserta antara lain desain, belajar, daring, desain, pembelajaran, daring, corona, daring, edukasi, desain pembelajaran daring, standar proses, 4 pilar pendidikan unesco, dan lain sebagainya.

Dalam membuat tulisan dimana pun tidak lepas dari cara menarik perhatian pembaca, utamanya dalam blog, dan ini yang saya akan lakukan, dalam membuat blog sangatlah mungkin kita terinspirasi dari tulisan orang lain, ungkap beliau. 

Dalam membuat judul tulisan paling manjur menggunakan beberapa kata, hal ini untuk membuat anda berpikir bahwa menulis itu mudah, tambahnya.

5 kata persuasif yang bisa mengendalikan pikiran yang membacanya.
Persuasive Words That Controls Minds :
1. You
2. Free
3. New
4. Now
5. Secret
Dalam bahasa Indonesia terjemahannya kira kira begini
1. Anda
2. bebas
3. Baru
4. Saat ini/sekarang
5. Rahasia

Berikut adalah koleksi judul yang diinspirasikan dari tulisan diatas
1. 5 Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online.
2. Solusi Pembelajaran Daring BEBAS stress.
3. 5 (lima) Aplikasi BARU untuk mengajar online.
4. Aplikasi online yang anda bisa mulai SEKARANG gunakan untuk mengajar secara online.
5. RAHASIA menjadi guru sukses mengajar secara online.
Dari deretan judul diatas mana yang menurut bapak ibu yang paling mudah dan yang paling sulit untuk dijadikan sebuah tulisan.

Saya akan kembangkan dari judul 5 Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online

Pembukaan 
Dalam era wabah Covid 19 ini semua guru ada di dalam keterpaksaan. Semua keluar dari zona nyaman untuk menjadi bisa dan mampu menghantarkan pembelajaran jarak jauh atau  distance Learning

Paragraph ke 2
Dalam menjawab tantangan ini, guru mesti memaksa dirinya agar bisa sukses dan belajar dari pengalaman.

Berikut ini adalah 5 hal yang mesti dilakukan guru agar dirinya handal dalam berpraktek sebagai guru jarak jauh

2. Membuat jadwal atau calendar mingguan. Dalam seminggu siswa mesti tahu ia akan belajar apa dan menghasilkan produk apa. Hal ini juga cara guru menghargai orang tua siswa yang telah membantu siswa di rumah. Dengan memberikan gambaran mingguan artinya guru memberikan napas bagi orang tua di rumah tenggat waktu dan pikiran dalam membantu mengerjakan.

3. Berani memodifikasi kurikulum. Terapkan prinsip merdeka belajar berikan tugas yang diluar kebiasaan namun menantang siswa. Membuat vlog misalnya anak pasti senang.

4. Tetap menjadi guru. Jangan karena mediumnya berbeda maka dalam diskusi dengan siswa, anda jadi terlalu cair atau bahkan terlalu tegang. Tetaplah jadi guru yang tegas tapi ramah saat melakukan pembelajaran online.

5. Ingat bahwa isi atau konten pembelajaran anda bisa dari mana saja. Variasikan sumber belajar maka kelas online anda akan menarik. Jika sumber belajar anda beragam, jangan terkejut jika siswa juga akan menjadi kreatif dalam menuangkan hasil belajarnya. Bisa lewat peta pikiran, vlog, blog atau infographic.

Penutup
Dalam mengajar aspek komunikasi tetap nomor satu. Tempatkan diri anda pada diri siswa, misalnya tidak semua siswa punya dukungan yang sama dari orang tua siswa. Untuk itu ada baiknya selalu mengecek bagaimana siswa mengerjakan tugas nya selama pembelajaran dengan tipe online ini.

Sudah selesai satu tulisan ya, kalau buat saya menulis itu menginspirasi orang lain.
Namun bisa saja sebuah tulisan sifatnya mengulas wacana, kalau ini tipe penulis di media. Sementara untuk blog semakin anda menginspirasi semakin anda akan dilirik.

Pertanyaan peserta, Bagaimanakah kita mengaitkan alinea pembuka dan alinea penutup? Pembuka isinya adalah fenomena, sedangkan penutup isinya adalah ajakan. 

Pak Agus menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan.
Silakan bapak ibu membuat artikel atau tulisan dari daftar judul diatas sebagai tugas malam ini.

Terima kasih Pak Agus, ilmu yang sangat bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar