Selasa, 14 April 2020

Meluruskan Niat Menerbitkan Buku


Meluruskan Niat Menerbitkan Buku

Bersama Bapak Wijaya Kusumah (Om Jay) Founder belajar Menulis di WA Group PGRI. 



Rekaman kuliah Omjay dengan judul *MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU* dapat anda tonton secara  langsung pukul 19.00 wib di http://youtube.com/wijayalabs


Om Jay mengucapkan terima kasih kepada kawan kawan semua yg sudah ikut berkumpul di wa group ini dan luruskan niat dari sekarang untuk mulai menulis dan menerbitkan buku. 

Semua peserta wajib menyelesaikan bukunya di akhir pertemuan kuliah online dan sdh mulai fokus untuk mencicil sedikit demi sedikit. 

Kurikulum materi dan narasumber sudah omjay buat di blog http://omjaylabs.wordpress.com



Tanya Jawab

P1
Assalamu 'alaikum,
Omjay, buku yg dibuat harus ttg materi yg selama ini kita ikuti atau boleh bebas?
Ditta, subang

Pertama buku hasil resume kuliah online dari narsum dan kedua buku bebas dari apa yg kita sukai dan kuasai.


P2
Ass om jay, maaf saya sdh baca tautan http://omjaylabs.wordpress.com yg om jay bagikan. Tapi saya belum paham kurikulum yg om jay maksud. Apakah yg dimaksud adalah  kita harus buat kumpulan resume dari awal sd akhir spt contoh resume di blog om jay?🙏🙏

Ya setelah kita mengikuti kuliah onlinenya, maka semua peserra diwajibkan menuliskan resumenya. 

Ikatlah ilmu dgn cara menuliskannya dan posting di blog agar banyak orang yang membaca karya tulis kita di internet. 

Materi yang diberikan oleh para narasumber akan bagus sekali bila dibagikan kepada guru guru yang belum sempat mengikuti program belajar menulis gratis dari PGRI. 

Kita biasakan berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tulisan. 

Sebaik baik manusia adalah yang mau belajar dan mengajarkannya.


P3

Ooh...iya om jay. Insya Allah saya bisa mengikuti arahan om jay untuk meluruskan niat. Tapi om...maaf kemarin2 saya tidak begitu fokus sehingga ada beberapa materi yg terlewatkan dan belum sempat buat resumenya. Apakah saya masih bisa menyusul ketertinggalan tersebut dengan menyicil buat resume yg tertinggal om jay?
Boleh banget dan anda harus berkolaborasi dengan kawan kawan peserta lainnya di wa group. Kita sudah punya ketua kelas dan sekertaris di masing masing wa group. Bila belum ada, maka andalah yg berinisiatif untuk menjadi pemimpin dan guru penggerak di wa groupnya. Bukankah kita semua adalah guru penggerak?

Iya om jay. Insya Allah siap. Terima kasih untuk semua ilmu dan motivasinya🙏🏻


P4
Asalamualaikum om jay, saya belum menemukan kirikulum materi dan belum paham kurikulum materinya, hanya menemukan beberap kumpulan tulisan omjay dalam blog dan contoh materi yang sama seperti resume tugas kami peserta menulis gelombang 7. Bagaimana jika diberikan garis besar  lis daftar resume dan lis tugas/materi selingan contoh kucing, pentigraf dari awal om jay biar bisa ngecek mana yg belum dikerjakan dan terlewatkan. Terimakasih om jay. Sehat selalu dan semangat tetap memotibasi kami.

Silahkan buka blog http://omjaylabs.wordpress.com



P5

Assalamualaikum...om jay bnyk beberapa guru yg curhat k sy ttg penulisan buku...sy kasih semangat dan jg trik utk menulis versi sy...serta sy beri penjelasan beberapa materi yg blm mereka pahami...sbtlnya bg sy materi2 yg ada di pembelajaran ini ada saling keterkaitan satu dg yg lain...apkh lngkah sy ini blh sy lakukan lg agar tmn2 pny semangat utk membuat buku karya mereka sendiri ?

Walaikum salam. Setuju banget. Inilah yang saya sebut kolaborasi. Kita tak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga mengajak peserta lain yang kesulitan untuk menulis menjadi terbantu untuk menerbitkan bukunya.

Kurang banyak membaca membuat tulisan kita kurang berkualitas dan di belajar menulis inilah kita ditantang untuk berlatih menulis. Kita belajar bersama untuk menerbitkan buku. Nara sumber yang baik hati telah memberikan semua ilmunya kepada kita dan disinilah kita perlu meluruskan niat menerbitkan buku.


P6

Assalamualaikum om Jay,,ijin bertanya,,jika menulis sebuah buku biasanya ada bagian daftar pustaka. Sementara jika hasil resume pembelajaran kita selama kelas online ini dibukukan, berarti buku yang terbit, tanpa daftar pustaka,apakah boleh?
Ataukah kita harus melengkapi resume kita dengan buku2 dari para narasumber?

Walaikum salam. Buku buku dari para nara sumber bisa kita jadikan daftar pustaka dan juga tulisan kawan kawan peserta yang bagus dan keren di blog bisa dijadikan daftar pustaka. Itulah mengapa saya mengajak kawan kawan untuk saling berkunjung dan berkomentar ke blog peserta lainnya. Blog walking itu penting agar kita menemukan gaya menulis diri sendiri. Sebab setiap orang punya gaya menulis yang berbeda beda.

P7

Assalamualaikum Omjay ..
untuk membuat tulisan kita menjadi buku, kita butuh otline atau kerangka bagian apa saja yang akan kita buat tulisan termasuk tema terkadang ketika sudah muncul ide menulis ternyata buku2 sejenis sudah banyak yang terbit penulisnya pun orang hebat2 , bagaimana menyikapinya 🙏 
terus dengan ide kita atau cari tema lain yang beda dengan tulisan orang lain
terima kasih
Etik Nurinto SDN Pabuaran Kabupaten Pemalang

Walaikum salam. Inilah yang saya sebuat kita harus mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasi.

Saat kita menulis, usahakan jangan copy paste tulisan orang lain. Sehingga apapun yang kita tuliskan menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Buatlah setiap pertemuan kuliah online kita bermakna dan membuat kita menemukan ide segar dalam menulis. Anda perlu membeli buku uktub karya akbar zainudin dan buku Menulis tanpa ide karya budiman hakim. 

Dari resume yang dikirimkan peserta ke email, saya menemukan banyak peserta yang sudah menemukan idenya dan telah berhasil membuat tulisannya enak dibaca. Seperti tulisan ibu Tere yang setiap hari bisa mendapatkan 8000 orang netizen berkunjung ke blognya.


P8

Assalamualaikum om jay,setelah membuka slet yang om papar kan digroup apakah seorang penulis itu boleh menulis apa yang dia tulis, atau harus spesifik

Walaikum salam. Tuliskan saja apa yg disukai dan kuasai. Materi pak imam rahmadi sangat bagus untuk dibaca kembali di blog beliau. Kecuali kita mau membuat buku ajar.


P9

assalamualaikum. om jay mau tanya. saya mengajar teknik sepeda motor. apakah memungkinkan kalau menulis buku materi pembelajaran. tapi sumber materi diambil dari beberapa sumber (bukan bersumber dari saya pribadi)?

Walaikum salam. Sangat memunngkinkan. Org bijak bilang pengalaman adalah guru yg terbaik. Cobalah meramu semua bahan bacaan menjadi tulisan yg lebih bermutu dan mencerahkan pembaca.


P10

Assalamu'alaikum om.. 
Pertama.Dari awal om nulis di blog.. Tulisan apa yg om tulis?
Hingga mngantarkan om mnjdi blogger ternama?
Yg ke 2 bgmna menumbuhkn kreatifitas kita sbg guru om?
Sumarjiyati,gk

Walaikum salam.
Terus terang saya bingung mau menulis apa ketika bikin blog. Hari itu saya buat blog dan hari itu pula saya meninggalkannya.

Namun saya kemudian terinspirasi dengan blog pak agus dan pak dedi. Dua orang kakak beradik ini menuntun saya menjadi Blogger ternama.
Saya banyak belajar dari blog http//gurukreatif.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com

Akhirnya saya menemukan mantra ajaib menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Anda dapat mengunduh bukunya gratis di http://wijayalabs.wordpress.com
Pertama buku hasil resume kuliah online dari narsum dan kedua buku bebas dari apa yg kita sukai dan kuasai.


P11

Berati setiap peserta membuat 2 buku??
Uswatun H. Lamongan

Ya. Satu buku wajib dari hasil resume kuliah online dan satu lagi buku bebas. Bisa fiksi dan non fiksi


P12

om jay, buku 1 kumpulan resume boleh di enrichment lagi gak? buku 2 boleh sesuai passion kita?

Boleh asalkan sdh sesuai dgn persyaratan penerbit buku.


P13

Assalamu'alaikum Om Jay
Saya baru bergabung dua hari ini, saya masih bingung mengikuti pelatihan ini, apa semua peserta pelatihan harus punya blog dulu? Lalu tema yang harus di tulis tentang apa. Dari mana kita dapat instruksi untuk tugas-tugas yang harus diselesaikan..??? Mohon pencerahannya. Terima kasih

Oh ya, bagaimana cara untuk mengetahui jadwal setiap pertemuan, dan absennya gimana?? Mohon pencerahan..terima kasih

Semua peserta wajib punya blog agar semua tulisannya terdokumentasikan dengan baik dan banyak dibaca orang lain.

Semua intruksi sebenarnya sudah ada di blog omjaylabs.wordpress.com dan tinggal dibaca saja kemana arahnya. Kebanyakan peserta kurang blog walking yg berakibat tdk tahu apa yg harus dikerjakan.

Semua absen sdh disiapkan oleh ketua kelasnya masing masing di setiap group dan bila tdk ada yg mau memimpin maka andalah yang harus siap menjadi guru penggeraknya.


P14

Om, Bolehkah saya memuat tulisan para perseta di grup ini ke dalam blogku?

Boleh asalkan tetap mencantumkan sumbernya


P15

Ass alamualaikum wr wb
OmJay sy bertanya:
1. Adakah pengalaman tdk menyenangkan selama jd guru bloger?
2. Apakah jd guru Blogger semata2 krn OmJay sering menulis d blog?
3. Saran OmJay agar bisa stabil. Menulis di Blog?
Terima kasih

Walaikum salan
1. Ada saat tukisan kita diambil org lain tanpa mencantumkan nama kita.
2. Negara kita adalah negara kepulauan. Menulis di blog adalah cara saya berbagi ilmu dan pengalaman.
3. Saran saya menulislah dari hatimu agar engkau dapat bertemu pembaca setiamu blog yg anda kelola


P16

Assalamualaikum Om Jay. Mohon Maaf, jujur sy masih minim ilmu disini. Sy tidak tahu apakah sy nanti mampu mengikuti atau tidak. Alasan pertama waktu sy hanya sedikit, kedua sy blm punya bloger dan belum tahu banyak ttg bloger dan pembuatannya. Jadi 2 hari ini maaf, sy baru mampu menyimak dan itupun blm tersimak semuanya. Mohon bimbingannya .

Walaikum salam. Semua kita diberikan waktu yg sama dan disinilah kepandaian kita diuji dalam mengelola waktu. Bila ibu kesulitan dalam membuat blog di blogger.com, dapat dibantu oleh pak Brian. Beliau adalah penulis buku blog yang bukunya best seller


P17

Dalam membuat buku tersebut, berapakah biaya yang harus kita keluarkan om jay?
Tito...50 kota Sumbar

Kalau buku kita diterima penerbit mayor, maka tdk keluar uang sama sekali


P18

om apakah tulisan yang kita publikasikan di blok hrs semua di kirim ke email om jay? kemarin belum semua di kirim cuma tugas resume saja yang di kirim.

Ya wajib dikirimkan di email omjaylabs@gmail.com dan diposting di blog semua resume kuliah


P19

Assalamualaikum Om Jay, kalau membuat buku itu minimal berapa referensi buku yang di buat daftar pustaka? Apakah boleh hanya link atau website saja yg buat daftar pustaka?

Walaikum salam pak Soni. Kalau bukan buku ajar bebas aja sih asalkan lolos dari kriteria Penerbit buku. Tapi kalau buku ajar wajib membuat daftar pustaka


P20
Assalamualaikum pak. Maaf bertanya. Penerbit buku tersebut sekaligus ada ilustratornya pak?

Buku yang ingin sy terbitkan kan amaliyah Ramadhan anak usia dini. Membutuhkan gambar dan warna. 
Jadi jika diserahkan kepada penerbit, bagaimana pak?🙏
Terimakasih🙏

Walaikum salam. Kalau lolos penerbit mayor ada editor dan ilustrator yg membuat buku kita semakin keren dan enak dibaca.

Kalau ingin diterbitkan sdh jadi draft naskahnya lengkap dgn daftar isi dan kata pengantar dan kita mampu meyakinkan Penerbit bahwa buku yg ditulis akan banyak dibeli orang. Kalau isi buku menarik dan ada peluang laku maka penerbit akan menghubungi kita. Rata rata 3 bulan waktunya. Jadi tidak bisa cepat. Kecuali akan diterbitkan dgn biaya sendiri di penerbit indie.


Terima kasih om jay atas ilmu yang diberikan, semoga menjadi Allah SWT membalas kebaikan bapak.



0 komentar:

Posting Komentar